Rabu, 25 Mei 2011

sistem operasi


Perbedaan Program Sistem dengan Program Lainnya

Disini saya akan membahas mengenai perbedaan program sistem dengan program apilkasi ..

>> Program sistem adalah suatu program yang ditujukan untuk mendukung operasi dan penggunaan komputer itu sendiri ..
Contoh dari program sistem : Sistem Operasi , Assambler , dll ...

sedangkan ..

>> Program aplikasi adalah suatu program yang ditujukan sebagai solusi untuk memecahkan masalah dengan menggunakan komputer ..
Contoh dari program aplikasi : Microsoft Office , Adobe , dll ..

Jadi, pada intinya perbedaan antara program sistem dengan program lainnya terletak pada penggunaan mesinnya ..


Perbedaan Aktivitas Pemrograman Sistem dengan Aktivitas Pemrograman Lain

>> Aktivitas pada pemrograman sistem terbagi menjadi dua, yaitu :

1. Ready : ketika komputer/PC sedang tidak digunakan, dan
2. Running : ketika program sistem tersebut sedang melakukan kegiatan perancangan dan pengimplementasian suatu program sistem.

>> Aktivitas pada Pemrograman lainnya biasanya terdiri atas 3, yaitu :

1. Ready : ketika program siap untuk dieksekusi
2. Running : ketika program sedang dieksekusi
3. Blocked : ketika program tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas


Sistem Operasi Yang Digunakan Pada PC dan Mobile

>> Sistem Operasi Pada PC :

1. WINDOWS ( Microsoft Windows )
Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

2. UNIX
UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.

3. LINUX
Satu hal yang membedakan Linux terhadap Sistem Operasi lainnya adalah harga. Harga Linux ini kebanyakan Gratis walaupun ada juga yang berbayar (Lisensi). Linux dapat didistribusikan tanpa harus memberikan royalty kepada seseorang. Linux disusun berdasarkan standard Sistem Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.

4. IBM OS/2
Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286, termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu.

5. MAC OS
MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI).

6. CHROME OS
Chrome OS adalah Sistem Operasi besutan Google yang ringan dan berbasis Linux dan standard web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi. Jika dilihat-lihat, Chrome OS ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista. Chrome OS dirilis pada pertengahan 2010.


>> Sistem Operasi Pada Mobile :

1. SYMBIAN
Sistem operasi yang populer di kalangan para pengguna handphone. Kebanyakan handphone nokia menggunakan symbian sebagai sistem operasi. Versinya antara lain S40, S60, S9. Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak mobile

2. MICROSOFT WINDOWS MOBILE
Sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk smartphone dan PDA. Tampilannya hampir sama dengan Windows pada komputer.

3. PALM OS
Sistem operasi yang digunakan pada PDA keluaran PALM.

4. MOBILE LINUX
Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003.

5. OS BLACKBERRY
Perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (Pager) dua arah, namun dalam perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-fi.

6. ANDROID
Mobile operating system yang paling booming era ini.

http://dhiwie.blogspot.com/2011/02/tugas-pemrograman-sistem.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar