Senin, 07 Mei 2012

Sumbangan aksi mahasiswa Indonesia terhadap bangsa Indonesia



Tidak dapat kita pungkiri bahwa perjalanan bangsa ini tidak terlepas dari peran mahasiswa. Mulai dari pergerakan dari zaman kolonial Belanda, yang ditandai keberadaan organisasi-organisasi kepemudaan seperti Boedi Utomo.
Peran mahasiswa begitu besar dalam mengubah perjalanan hidup bangsa. Namun, di zaman reformasi ini telah cukupkah peran mahasiswa dalam membantu masyarakat? Lalu apa peran yang harus djalankan oleh mahasiswa? Sebagai salah satu kelompok sosial yang merupakan bagian dari masyarakat, mahasiswa berperan sebagai kontrol sosial dan menjadi golongan masyarakat yang memberikan perubahan.
Namun disayangkan, mereka lebih banyak memikirkan masalah perkembangan zaman. Jarang dari para mahasiswa yang bersedia meluangkan pikiran, waktu, bahkan tenaga untuk masyarakat. Tidaklah pelu untuk berpikir menciptakan sesuatu hal yang besar. Lihatlah sekeliling kita, banyak sekali hal kecil yang sering kita lupakan padahal sejatinya hal-hal tersebutlah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.
Banyak hal positif yang dapat dilakukan dari sekedar berdemonstrasi saja dalam menyelesaikan suatu masalah walaupun dengan maksud menyuarakan perwakilan pendapat rakyat. Menjadikan suatu tindakan yang lebih real dan bermanfaat. Contoh dengan mengaplikasikan kemampuan mahasiswa sesuai bidangnya. Hal ini bukan hanya berguna bagi masyarakat penggunanya sendiri namun di balik semua itu, kita mendapatkan pengalaman dan kemampuan kita semakin terasah.
Misalnya dengan sedikit meluangkan waktu dan tenaga untuk pendidikan karena masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan akses untuk pendidikan yang layak. Di kota-kota besarpun masih banyak kita dapati anak-anak putus sekolah. Selain itu, menjadi seorang aktivis yang peduli pada lingkungan hidup juga sangat dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat.
Selain itu inovasi-inovasi kreatif  dari mahasiswa daerah yang sudah banyak dijumpai pun merupakan salah satu tindakan sebagai warga negara Indonesia yang membanggakan. Dalam bidang rekayasa teknologi, kuliner, melestarikan budaya dsb yang membantu kesejahteraan bangsa ini. Memberi contoh sikap yang baik sebagai panutan.
Jangan pernah takut untuk menuangkan gagasan-gagasan besar kita. Sebagai bagian dari masyarakat, kita sudah sepatutnyalah membantu memajukan perekonomian masyarakat. Lakukan hal positif yang lebih tenang dengan otak yang berjalan ketimbang mengutamakan anarkisme jiwa muda.

Sumber inspirasi:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar