1. AKTIVITAS BISNIS SIKLUS PENDAPATAN
·
Entri pesanan penjualan
Fungsi entri
pesanan penjualan mencakup aktivitas utama, yaitu :
a)
Mengambil pesanan penjualan
b)
Persetujuan kredit
c)
Memeriksa persediaan
d)
Menjawab permintaan pelanggan
Bagaimanapun
data pesanan pelanggan diterima pada awalnya, merupakan hal yang penting bahwa
semua data yang dibutuhkan untuk memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan
dicatat secara akurat. Oleh sebab itu, pemeriksaan edit berikut ini harus
dilakukan untuk memastikan akurasi yang menyeluruh:
- Pemeriksaan validitas, Uji kelengkapan
- Uji kewajaran
- Persetujuan kredit
- Otorisasi umum, Batas kredit
- Otorisasi khusus:Pemeriksaan batas
- Pemeriksaan validitas, Uji kelengkapan
- Uji kewajaran
- Persetujuan kredit
- Otorisasi umum, Batas kredit
- Otorisasi khusus:Pemeriksaan batas
Langkah
berikutnya adalah, menetapkan apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi
pesanan tersebut. Kemudian Internally
generated documents produced by sales order entry:
- Pesanan penjualan
- Slip pengepakan
- Kartu pengambilan barang
- Pesanan penjualan
- Slip pengepakan
- Kartu pengambilan barang
·
Pengiriman
Bagian ini mencakup aktivitas :
ü Pengambilan dan Pengepakan pesananan
Kartu
pengambilan barang yang dicetak sesuai dengan entri pesanan penjualan akan
memicu proses pengmbilan dan pengepakan.
ü Pengiriman
pesanan
Departemen pengiriman membandingkan
perhitungan fisik persediaan dengan jumlah yang ditunjukan dalam kartu
pengambilan barang dan dengan jumlah yang ditunjukan dalam salinan pesanan
penjualan yang dikirim secara langsung ke bagian pengiriman dari entri pesanan
penjualan.
·
Penagihan dan piutang usaha
Dua aktivitas
yang dilakukan pada stage siklus pendapatan ini adalah:
1. Invoicing customer (Penagihan)
1. Invoicing customer (Penagihan)
Dokumen dasar yang dibuat dalam proses penagihan adalah faktur
penjualan yang memberitahukan pelanggan mengenai jumlah yang harus dibayar dan
kemana harus mengirimkan pembayaran.
2. Maintaining
customer accounts (Pemeliharaan data piutang usaha)
Fungsi piutang usaha yaitumenggunakan informasi dalam faktur
penjualan untuk mendebit rekening pelanggan dan mengkredit rekening tersebut
ketika pembayaran diterima.
Dua cara dasar atau metode untuk mengurus
data piutang usaha
ü
Metode
faktur terbuka
Para pelanggan biasanya membayar sesuai jumlah faktur tiap
penjualan
ü
Metode
pembayaran gabungan
Para
pelanggan biasanya membayar sesuai dengan jumlah yang diperlihatkanpada
lap[oran bulanan, bukan membayar setiap jumlah pada faktur penjualan
Type of billing system (Jenis sistem
penagihan) :
•Postbilling system: invoices are prepared after a copy of the
bill of ladings is receiving from the shipping department. Postbilling system
Are comon in manufacturing companies.
(Dalam sistem setelah penagihan, faktur
dipersiapkan setelah confirmasi bahwa barang-barang dikirim).
•Prebilling system: invoices are prepared(but not sent) as soon
as the order is approved.
(Dalam
sistem pra penagihan, faktur dipersiapkan (tetapi tidak dikirim) sesegera
pesanan disetujui)
·
Penagihan kas
Dua bagian
yang terlibat dalam aktivitas ini adalah:
1. Kasir
2. Fungsi piutang dagang
Keputusan-keputusan penting dan Kebutuhan Informasi:
1. Pentingnya pengurangn pencurian kas.
2. Fungsi penagihan piutang dagang seharusnya tidak mempunyai akses phisik ke kas atau cek.
3. Fungsi piutang dagang harus mampu mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan vaktur aplikasi harus dikredit.
Dokumen, catatan, dan prosedur:
1. Cek diterima dan dikirim (disimpan).
2. Daftar pengiriman uang dipersiapkan dan dimasukkan secara on-line pelanggan, nomor faktur, dan jumlah setiap pembayaran.
3. The system performs a number of on-line edit checks to verify the accuracy of data entry.
1. Kasir
2. Fungsi piutang dagang
Keputusan-keputusan penting dan Kebutuhan Informasi:
1. Pentingnya pengurangn pencurian kas.
2. Fungsi penagihan piutang dagang seharusnya tidak mempunyai akses phisik ke kas atau cek.
3. Fungsi piutang dagang harus mampu mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan vaktur aplikasi harus dikredit.
Dokumen, catatan, dan prosedur:
1. Cek diterima dan dikirim (disimpan).
2. Daftar pengiriman uang dipersiapkan dan dimasukkan secara on-line pelanggan, nomor faktur, dan jumlah setiap pembayaran.
3. The system performs a number of on-line edit checks to verify the accuracy of data entry.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar