Sabtu, 03 Desember 2011

BAB 3 MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN




A.    PENDAHULUAN
Sebuah perusahaan umumnya memilki system yang mengatur proses kerja perusahaan tersebut. Berikut model system umum perusahaan.

B.     PEMBAHASAN       
3.1  Model Sistem Umum Perusahaan
Ø  Pengertian Model
Model adalah penyederhanaan (abstraction) dari sesuatu. Ada empat jenis model antara lain :
a. Model Fisik;
b. Model Naratif;
c. Model Grafis;
Kegunaan model antara lain:
a. Mempermudah pengertian;
b. Mempermudah komunikasi;
c. Memperkirakan masa depan.
Model umum perusahaan terdiri atas, yaitu :
a. Sistem Fisik, dimana juga memiliki output sebagai berikut:
·      Arus Material
Pada perusahaan manufaktur, dua area fungsional terlibat dalam arus material. Fungsi manufaktur mengubah bahan mentah menjadi barang jadi, dan fungsi pemasaran mendistribusikan produk jadi kepada para pelanggan.
·      Arus Personil
Input personil berasal dari lingkungan. Biasanya di proses oleh fungsi sumber daya manusia kemudian di tugaskan ke berbagai are fungsional.
·      Arus Mesin
Diperoleh dari pemasok, biasanya berada di perusahaan untuk jangka waktu yang lama – tiga sampai dua puluh tahun atau lebih.
·      Arus Uang
Diperoleh dari pemilik, menyediakan modal investasi, dan dari para pelanggan perusahaan yang memberikan pendapatan penjualan.
b. Sistem Konseptual, terbagi atas :
·      Sistem Lingkaran Terbuka
Sistem lingkaran terbuka disebut juga mekanisme pengendalian. Mungkin hanya sedikit perusahaan yang menggunakan sistem lingkaran terbuka.
·      Sistem Lingkaran Tertutup
adalah suatu sistem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme  pengendalian. Sistem ini dapat mengendalikan output dengan membuat penyesuaian pada inputnya.
·      Pengendalian Manajemen
Pada penngendalian ini mempunyai tujuan yaitu menghasilkan sejumlah hasil  output, suatu ukuran output merupakan bagian integral dari pengendalian sistem.
·      Pengolah Informasi
Pengolah informasi adalah mekanisme yang menghasilkan informasi.
·      Dimensi – dimensi Informasi:
- Relevansi;
- Akurasi;
- Ketepatan waktu;
- Kelengkapan.

Ø  Konsep Dasar Model Sistem Umum Perusahaan

Ø  Penggunaaan Model Sistem Umum 
Dalam pembahasan ini, model tersebut digunakan untuk menjelaskan pengecer dan organisasi yang memberikan pelayanan. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa model tersebut bersifat umum dalam arti sebenarnya dan memberikan struktur dasar untuk melakukan analisis terhadap berbagai jenis organisasi.

C.     KESIMPULAN
Dari artikel dan pembahasan di atas,saya menyimpulkan bahwa Model merupakan alat yang terkenal dalam bisnis. Model adalah penyederhanaan (abstraction) dari sesuatu. Analisis literatur bisnis menunjukkan peningkatan dalam pembahasan mengenai model. Pembuatan model selalu merupakan alat pemecahan masalah yang penting.



D.    DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar